Jaringan Toko Online Bin Muhsin Group dan Daftar Blog Saya

Rabu, 12 November 2008

serba-serbi daun sirih

STOPUTIH Mengobati keputihan dan gejalanya. Mengurangi produksi lendir yg berlebihan dan mengurangi bau yg tidak sedap. Bikin rapet dan keset. STOPUTIH Mengandung : Amomi Fructus, Aracae Fructus, Granati Fructus Cortex, Piperis Folium, Dln;Harga eceran Rp.50.000,- dan Grosir Rp.40.000,- Untuk Pemesanan dan Konsultasi Hubungi Bin Muhsin di HP: 085227044550 / 021-91913103 Email / YM : binmuhsin_group@yahoo.co.id FS : ujang_bmz@yahoo.co.id
===
sumber:
http://www.tabloidnova.com/article.php?name=/serba-serbi-daun-sirih&channel=griya%2Ftaman
===
Selain dikenal memiliki khasiat obat, tanaman sirih pun pantas dijadikan penghias pekarangan rumah. Sirih apa saja yang bisa Anda tanam?

Siapa yang tak kenal sirih. Tanaman merambat ini kerap dijadikan obat, sekaligus untuk hiasan di halaman. Jenis sirih sangat banyak, antara lain sirih gading, sirih hijau, sirih hitam, sirih kuning, dan sirih merah.

Ada juga sirih jawa (daun lebih lembut, rasa kurang tajam, warna hijau rumput), sirih belanda (daun besar, hijau tua, rasa dan bau tajam dan pedas), sirih cengkih (daun lebih kecil, berwarna kuning, rasa seperti cengkih), sirih kuning (daun agak besar dan berwarna kuning).

Dan sirih yang kerap digunakan sebagai obat adalah sirih hitam (rasa lebih tajam, sering digunakan sebagai obat), dan sirih merah (warna daun merah, berlendir jika daun disobek, aroma lebih wangi, untuk mengobati bebagai penyakit).

Meski sangat beragam, ciri-ciri fisik dari kesemua jenis sirih ini hampir sama yaitu tumbuh merambat dengan bentuk daun menyerupai hati dan bertangkai, dan tumbuh berselang seling dari batangnya.

Begitu banyak manfaat sirih ini, sehingga tak salah bila menanam sirih di pekarangan rumah. Apalagi, menanam sirih tak selalu memerlukan lahan yang luas. DI tanam di dalam pot pun bisa tumbuh baik dan mampu menambah cantik suasana halaman rumah.

Misalnya, dirambatkan di dinding samping rumah, di batang pohon besar, di tepi gentong besar, di pergola, atau di pot gantung. Suasana rumah akan tampak makin asri dan sejuk dengan lindungan sirih yang merambat indah.

Tergantung Jenis
Sirih pun sangat mudah ditanam. Dengan cara distek dan disirami air yang cukup, sirih dapat tumbuh baik di tempat terbuka yang sarat sinar matahari maupun tempat yang cukup terlindung.

Lalu, bagaimana caranya membudidayakan sirih? Menurut Harini Bambang Wahono dari Pembina Kelompok Tani Perkotaan Dahlia, hal ini sangat tergantung pada jenis sirihnya. "Sirih hitam termasuk yang sangat sulit diperbanyak. Dari 5 buah bibit yang akan dikembangbiakkan, hanya satu buah yang tumbuh," urainya.

Sementara sirih hijau, lanjutnya, jauh lebih mudah dalam pembudidayaan dan perawatan. Cara mudah memperbanyaknya, papar Hartini, cukup patahkan salah satu ruasnya, lalu masukkan ke dalam botol bekas minuman dan rendam dalam air. "Akarnya akan keluar dan memanjang dalam beberapa hari. Pindahkan ke pot atau tanah, sirih baru akan tumbuh lagi," sarannya.

Sementara memperbanyak sirih merah bisa dilakukan dengan cara cangkok runduk. Caranya, satu pot sirih dirundukkan atau ditidurkan ke pot sirih lain. Lama kelamaan sirih ini akan menjalar dan tumbuh dengan sendirinya.
Sedangkan sirih karok, menurut Hartini, cara memperbanyaknya jauh lebih mudah lagi. Cukup patahkan ruasnya, lalu ditancapkan ke media tanam. Agar tumbuh lebih cepat, beri saja perangsang akar secukupnya.

Kendati demikian, pada sirih merah harus memperhatikan beberap hal. "Jangan setiap hari menyiram sirih merah, karena sirih jenis ini tidak begitu suka air. Sebaiknya juga diletakkan di tempat teduh dan cukup terkena sinar matahari sebanyak 30-50 persen saja." Lain halnya dengan sirih kuning, sirih gading, dan sirih hijau yang lebih mudah menanamnya dan tahan diletakkan di mana saja.

Khasiat Sirih Merah
1. Harga sirih merah pamornya semakin naik, bahkan daunnya dihargai per lembar. Harga per lembar daun berkisar Rp 3 - 10 ribu. Menjadi mahal karena khasiatnya hebat.
2. Sirih merah bisa menyembuhkan penyakit diabetes, kanker, hipertensi, batu ginjal, hepatitis, dan ambeien.
3. Keistimewaan lain dari sirih merah, jika guratan daunnya berbentuk hati dipercaya bisa mendatangkan kebahagiaan bagi pemiliknya.
4. Untuk mengobati mimisan, ambil selembar daun sirih, diremukkan atau dilumatkan. Lalu, gulung untuk menyumbat hidung yang mengeluarkan darah.

Noverita K. Waldan

Lokasi: Andalas Nursery, Kelompok Tani Bunga Cijeruk
Jl. Pondok Bitung, Sukaraja-Bogor (081383931167)
Foto: Fadoli Barbhatully/NOVA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HERBAL STOP ROKOK : STOP ROKOK DENGAN HERBAL