Jaringan Toko Online Bin Muhsin Group dan Daftar Blog Saya

Minggu, 02 November 2008

Hamil Mola atau Hamil Anggur

INSYA ALLAH DENGAN LIN NISA + NIGELLA PLUS PENYAKIT HAMIL MOLA / ANGGUR BISA DICEGAH DAN DIOBATI. DAN KESULITAN PUNYA KETURUNAN JUGA BISA DIATASI. AMIN.
Nigella Plus Racikan tepat Habbatussauda + Hulbah + Ginseng sangat tepat untuk menyembuhkan segala macam penyakit. Amin. Pemesanan hubungi Bin Muhsin HP: 085227044550 / 021-91913103 HABBATUSSAUDA OBAT SEGALA MACAM PENYAKIT KECUALI KEMATIAN (HR. BUKHARI - MUSLIM) MADU OBAT YANG MENYEMBUHKAN BAGI MANUSIA (QS: AN-NAHL: 69)

Istilah 'hamil' lazim kita hubungkan dengan adanya janin di dalam rahim, baik tunggal maupun kembar. Kembar dua, tiga, dan seterusnya. Lain halnya pada hamil mola atau hamil anggur, seringkali tidak ditemukan janin di dalam rahim, walaupun 'sepertinya' tanda-tanda hamil ada, yaitu perut membesar, mengidam, dll.

Pada hamil mola, kandungan terisi oleh jaringan berbentuk gelembung berisi cairan. Gelembung-gelembung ini jumlahnya banyak, sehingga menyerupai kumpulan buah anggur. Penyebabnya adalah gangguan pertumbuhan plasenta (ari-ari) karena pembuahan sel telur yang kosong oleh sperma.

Tanda-tanda hamil mola mempunyai kemiripan dengan hamil biasa. Beberapa diantaranya adalah perut membesar, terlambat haid, mual muntah, dan jika dilakukan pemeriksaan urin dengan strip uji kehamilan hasilnya positif. Oleh karena itu, mungkin saja pada awal perjalanan penyakit ini, timbul salah duga, yaitu mengira si ibu hamil normal.

Tetapi, seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, timbul tanda-tanda yang tidak lazim ditemukan pada hamil biasa. Tanda tersebut adalah :

  1. Keluar jaringan berbentuk seperti buah anggur dari jalan lahir. Ini adalah gejala yang paling khas dari kehamilan mola.
  2. Perdarahan jalan lahir, baik ringan maupun berat.
  3. Ukuran perut ibu tidak sesuai dengan usia kehamilan. Misalnya, usia kehamilan baru jalan 4 bulan, tetapi besarnya perut menyerupai usia kehamilan 7 bulan.
  4. Mual dan muntah hebat.

Selain itu, pemeriksaan USG kandungan tidak menunjukkan tanda-tanda kehadiran janin. Sebaliknya, pemeriksaan USG hanya memberikan gambaran seperti badai salju (snow storm) atau sarang lebah (honey comb).

Untuk penanganan hamil mola, dapat dilakukan dengan beberapa cara:

  1. Sebagian hamil mola akan sembuh sendiri setelah pengeluaran spontan jaringan mola (mirip buah anggur).
  2. Mola yang bandel dikeluarkan dengan cara dikuret.
  3. Sekitar 90% wanita yang molanya sudah dikuret tidak membutuhkan pengobatan lanjutan.
  4. Pemeriksaan kadar hCG setiap bulan selama enam bulan pertama pasca kuret. Pemeriksaan berkala ini penting untuk memastikan bahwa jaringan mola sudah habis diangkat. Mola yang tersisa bisa saja berkembang menjadi kanker dan membahayakan penderita.
  5. Menunda kehamilan, setidaknya satu tahun setelah hamil mola terjadi. Pada kasus ini, semua bentuk KB pada dasarnya dapat diberikan untuk menunda kehamilan, kecuali KB IUD.

Bacaan:

  1. About.Com: Molar Pregnancy.
  2. WebMD: Molar Pregnancy - Topic Overview.
  3. AmericanPregnancy.Org: Molar Pregnancy.
  4. IndoGlobar.Com: Hamil Anggur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HERBAL STOP ROKOK : STOP ROKOK DENGAN HERBAL