Jaringan Toko Online Bin Muhsin Group dan Daftar Blog Saya

Rabu, 12 November 2008

DAUN SIRIH



STOPUTIH MENGANDUNG DAUN SIRIH Mengobati keputihan dan gejalanya. Mengurangi produksi lendir yg berlebihan dan mengurangi bau yg tidak sedap. Bikin rapet dan keset. STOPUTIH Mengandung : Amomi Fructus, Aracae Fructus, Granati Fructus Cortex, Piperis Folium, Dln;Harga eceran Rp.50.000,- dan Grosir Rp.40.000,- Untuk Pemesanan dan Konsultasi Hubungi Bin Muhsin di HP: 085227044550 / 021-91913103 Email / YM : binmuhsin_group@yahoo.co.id FS : ujang_bmz@yahoo.co.id

===

SUMBER:

http://www.dunia-ibu.org/sharing/index.php?id=143

===

Tanya

Dirumahku banyak daun sirih, ada yang tahu kegunaannya, dulu aku tanam buat bengkungan di perut waktu habis melahirkan. Ada yang nyaranin diminum saja air rebusannya, tapi tidak tahu caranya. Tolong dong sharingnya. (Ni)



Jawab

Gampang, cuci bersih, rebus sama air (banyak airnya sampe kerendam semua) sampe air mendidih, kecilin api, tunggu 5 - 10 menit, airnya akan sedikit kuning, matiin. Setelah anget bisa dipakai basuh vagina, bisa diminum begitu saja. Bagus untuk ngilangin bau mulut, bau badan, kalau mens darah dijamin tidak anyir (ini aku jamin) juga untuk radang tenggorokan ringan. Ini karena daun sirih ada antiseptiknya. Oh ya kalau belum biasa minumnya rasanya agak getir, boleh dicampur sama gula batu waktu menggodoknya. Tapi kalau sudah digulain jangan dipakai buat basuh vagina nanti disemutin lho! (St)



Aku kalau merebus daun sirih untuk diminum tidak pakai takaran, asal rebus saja, dan tidak terlalu kental kalau kental tidak enak. Minumnya bisa dicampur sama jamu misalnya kunir asem, bisa juga diblender lalu airnya disaring, bisa juga direbus lalu air rebusannya dipakai buat basuh vagina, yang habis sakit cacar air bisa berendam pakai air hangat yang dikasih rebusan daun sirih.(Ri)



Sebelum buat basuh vagina, mending buat 'sauna'. Aku dulu (waktu masih gadis) sering sauna dengan uapnya sirih ini. Jadi panci rebusannya dibuka sedikit, biarkan uapnya naik ke wajah kita. Asal uapnya jangan terlalu panas ya. Kalau masih baru mendidih, dibukanya dikit saja, supaya uapnya yang keluar juga dikit dan tidak jadi terlalu panas ke wajah, kitanya kalau bisa buka baju, lalu tungkupan dengan sarung sampai kepala (seluruh badan di dalam sarung). Kalau suhunya sudah mulai turun, boleh dibuka sedikit lebar tutup pancinya, pokoknya se-nyamannya ke kulit kita saja. Nanti kita bakal keringetan kaya' sauna gitu, seger deh. Muka juga jadi lebih bersih. Kalau tidak tahan sama uap yang jenuh di dalam sarung, sekali2 buka sarungnya, biarkan udara di dalam keluar, lalu tungkupan lagi. Kalau sudah tidak ada uapnya. lanjutin untuk basuh vagina. (Ri)



Kegunaan daun itu banyak. Bisa buat menghentikan pendarahan kalau lagi mimisan. Lalu air rebusannya bisa buat obat keputihan (buat cebok) Selain itu air rebusannya juga bisa diminum untuk mengharumkan bau badan yang tak sedap. (QQ)



Aku pernah dibilangin tetanggaku, daun sirih yang air rebusannya bisa diminum sama yang dipakai buat basuh2 beda. Kalau tidak salah, salah satu ruas jari daunnya ganjil, yang satu genap, tapi aku lupa yang mana yang buat diminum. Ada yang tahu tidak? (Su)



Kegunaan dari daun sirih itu salah satunya. Bisa untuk kompres kalau puting susu luka, biasanya kalau anak pertama kan suka luka kena lidah bayi bahkan ada yang sampai cowel, nah kalau sedang tidak memberi ASI, dikompres pakai daun sirih itu. Caranya daun sirih diangetin diatas bara/api, kalau tidak mau repot bisa di setrika, dilapisin kain, sudah anget atau lemes daunnya, diolesin minyak kelapa, lalu dipakai untuk kompres deh. Karena dulu aku juga gitu dan alhamdulillah khasiatnya manjur.(Su)



Yang aku tahu memang ada beberapa jenis daun sirih, ada yang biasa, ada yang sirih obat. Daunnya lebih kecil. Orang tuaku dulu dapet dari

daerah mana gitu, katanya sih lebih berkhasiat dibanding daun sirih biasa. Tapi pengalamanku minum segala jenis daun sirih, aku tidak terlalu merasakan perbedaanya, kecuali yang obat rasanya lebih sepet, dan aku lebih suka. (St)



Sirih dirumahku ya sirih obat yang berdaun kecil itu, tadinya saya pikir saya gagal menanam sirih, habis daunnya kecil2 eh. ternyata banyak yang bilang kalau sirih berdaun kecil itu yang banyak dicari orang.



Di rumah mertuaku sirihnya sudah berbuah, cuma ini sirih biasa, daunnya besar2 . (Ri)



Mungkin ini salah satu kelebihan dari nanem sirih. Kemaren aku habis dipijat. Emak tukang pijatnya nyuruh aku nanem sirih, katanya sirih ini bisa bawa "adem", tapi kata emaknya juga nanem sirih itu jodoh2an meskipun kita termasuk "yang bertangan dingin", kalau tidak jodoh dengan tempat tinggal kita dia tidak bakalan mau tumbuh. Kebetulan di halamanku ada pohon yang sudah menjulang tinggi melebihi atap rumah (pohon karet munding; bahasa sunda), tapi sama emaknya disuruh dibuang, katanya kurang bagus (disenengin mahluk halus). (An)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HERBAL STOP ROKOK : STOP ROKOK DENGAN HERBAL