Jaringan Toko Online Bin Muhsin Group dan Daftar Blog Saya

Senin, 10 November 2008

DELIMA PUTIH LAWANKEPUTIHAN

STOPUTIH Mengobati keputihan dan gejalanya. Mengurangi produksi lendir yg berlebihan dan mengurangi bau yg tidak sedap. Bikin rapet dan keset. STOPUTIH Mengandung : Amomi Fructus, Aracae Fructus, Granati Fructus Cortex, Piperis Folium, Dln;Harga eceran Rp.50.000,- dan Grosir Rp.40.000,- Untuk Pemesanan dan Konsultasi Hubungi Bin Muhsin di HP: 085227044550 / 021-91913103 Email / YM : binmuhsin_group@yahoo.co.id FS : ujang_bmz@yahoo.co.id
===
===
CACING tak hanya menyerang anak-anak. Orang dewasa pun rawan terkena gangguan perut tersebut. Indikasinya, perut membuncit namun berat badan cenderung menurun. Konstruksi tubuh seperti itu tentu kurang ideal untuk penampilan seseorang, bahkan bisa menurunkan rasa percaya diri.

Selain obat-obatan farmasi yang biasa dijual di toko obat dan apotek, ada obat tradisional yang dapat digunakan untuk mengatasi binatang ''kurang ajar'' itu, yaitu delima putih (Punica granatum L) yang mudah didapat di sekitar kita.

Tanaman bersinonim Malum granatum Rumph, dari keluarga Punicaceae, itu berbentuk perdu dengan ketinggian 2-5 meter. Batang berkayu, bulat, bercabang, dan berduri. Batang muda berwarna cokelat, dan setelah tua berwarna hijau kotor.

Daun tunggal berbentuk lanset, panjang 1-8 cm, lebar 5-15 mm, bertulang menyirip, dan warna hijau. Bunga di ujung cabang berbentuk tunggal, dengan mahkota membulat berwarna merah atau kuning. Buah buni, bulat, berdiameter 5-12 cm, dengan warna hijau kekuningan.

Bagian Tanaman

Dalam tradisi nenek moyang kita, bagian delima putih yang digunakan untuk pengobatan adalah kulit kayu (Granati cortex), kulit buah (Granati fructus cortex), dan akar (Granati radix). Ketiga bagian itu memiliki sifat khas pahit dan menetralkan.

Kandungan kimia yang terdapat pada kulit kayu dan akar adalah alkaloid tropan, tanin, dan gula, dengan khasiat sebagai antekmintik. Sedangkan kulit buah mengandung unsur kimia alkaloid, triterpenoid, glukosida, estron, lendir, dan tanin, dengan khasiat sebagai astringen.

Dalam literatur Tanaman Obat Indonesia (iptek@net.id) dijelaskan, kegunaan utama kulit kayu serta akar delima putih adalah sebagai obat cacing. Sedangkan kulit buah untuk mengobati keputihan, mencret, serta sebagai tonik. Bunga tanaman untuk mengatasi radang selaput lendir gusi, sedangkan daun untuk obat disentri.

Ramuan dan takaran untuk obat disentri adalah 5 gram daun delima putih segar, 2 gram rimpang temu giring, 6 gram daun jambu biji segar, dan 110 ml air. Ramuan ini dibuat infus, diminum sekali sehari sebanyak 100 ml selama tujuh hari.

Untuk penyakit keputihan, ramuannya terdiri atas 5 gram kulit buah delima putih segar, 6 gram daun beluntas segar, 5 gram herba tapak liman, 1 gram majakan, dan 110 ml air. Ramuan ini juga dibuat infus, diminum sekali sehari sebanyak 100 ml selama tujuh hari.

Tapi perlu diingat, karena kadar tanin pada kulit buah cukup tinggi, maka ramuan yang terbuat dari kulit delima putih sering mengakibatkan muntah. Keracunan simplisia ini dapat menyebabkan pusing, gemetar, badan lemah, dan mencret.

Untuk obat cacing, ramuan yang perlu disiapkan adalah satu jari tangan akar delima putih, satu jari tangan rimpang temu giring segar, dan 110 ml air. Ramuan juga dibuat infus atau diseduh, diminum sekali sehari 100 ml selama empat hari. Selamat mencoba. (Gupita Dara GSO-32)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HERBAL STOP ROKOK : STOP ROKOK DENGAN HERBAL