Jaringan Toko Online Bin Muhsin Group dan Daftar Blog Saya

Senin, 15 September 2008

LUPUS

ISNYA ALLAH DENGAN NIGELLA PLUS PENYAKIT LUPUS BISA DISEMBUHKAN.
Nigella Plus Racikan tepat Habbatussauda + Hulbah + Ginseng sangat tepat untuk menyembuhkan segala macam penyakit. Amin. Pemesanan hubungi Bin Muhsin HP: 085227044550 / 021-91913103 HABBATUSSAUDA OBAT SEGALA MACAM PENYAKIT KECUALI KEMATIAN (HR. BUKHARI - MUSLIM) MADU OBAT YANG MENYEMBUHKAN BAGI MANUSIA (QS: AN-NAHL: 69)

Assalaamu'alaikum wr, wb.

Dok, apakah lupus itu berbahaya? Apa sajakah ciri-cirinya? Untuk mencegah bagaimana? Apakah vonis mati apabila terkena lupus? Terima kasih

Wassalaamu'alaikum wr, wb.

Ryan Swarangga
ryanswarangga at eramuslim.com

Jawaban

Assalaamu'alaikum wr, wb.

Salam sehat Mas Ryan, Pertanyaan ini diajukan bertepatan dengan Hari Lupus Sedunia, yang jatuh 2 minggu yang lalu. Jumlah odapus (orang dengan Lupus) ini memang tidak terlalu banyak. Menurut data pustaka, Amerika Serikat sendiri ditemukan 14 sampai 50 pasien per 100.000 orang.

Sedang di Indonesia baru dijumpai sekitar 50.000 penderitanya. Data di RS Cipto Mangunkusumo Jakarta, dari 71 kasus yang ditangani sejak awal 1991 sampai akhir 1996, 1 dari 23 penderitanya adalah laki-laki.

Jadi penyakit ini justru banyak diderita wanita, terutama saat usia produktif sampai usia 50 tahun. Penyakit ini tergolong misterius. Para dokter kadang bingung mendiagnosis penyakit ini.

Lupus adalah bahasa Latin yang berarti "anjing hutan." Istilah ini mulai dikenal sekitar satu abad lalu. Awalnya, penderita penyakit ini dikira mempunyai kelainan kulit karena digigit anjing hutan tersebut, yakni, berupa kemerahan di sekitar hidung dan pipi. Inilah yang dikenal istilah Eritomatosus berarti kemerahan. Sehingga istilah lupus ini didiagnosa menjadi Lupus Eritomatosus Sistemik (LES).

Istilah sistemik bermakna menyebar luas ke pelbagai organ tubuh, yang sering ditemukan di antaranya, penderita sering merasa kelelahan berlebihan, demam, dan pegal-pegal. Gejala ini muncul ketika lupus sedang aktif dan menghilang ketika tidak aktif.

Penyebab Lupus diketahui adalah otoimun, penyakit yang muncul lantaran sistem kekebalan tubuh bereaksi berlebihan, yang justru mengganggu kesehatan tubuh. Artinya tubuh pasien lupus membentuk antibodi yang salah arah, merusak organ tubuh kita sendiri, seperti ginjal, hati, sendi, eritrosit, leukosit, atau trombosit.

Seperti yang kita pahami, antibodi seharusnya ditujukan untuk melawan bakteri ataupun virus yang masuk ke dalam tubuh.
Karena organ tubuh yang diserang bisa berbeda antara pasien yang satu dan yang lain, maka gejalanya juga sering kali berbeda, misalnya pasien yang satu dengan kaki dan perut bengkak akibat kerusakan di ginjal, pasien yang lain bisa dengan anemia berat atau jumlah trombosit yang amat rendah.

Untk pengobatan, masih dalam penelitian awal adalah pengobatan lupus dengan cangkok sumsum tulang, yang hasilnya cukup memberi harapan odapus, walaupun belum dapat memberikan kesembuhan total.
Untuk pencegahan, memang agak susah, tapi pencetus lupus antara lain adalah obat-obatan, sinar ultraviolet, dan stres.

Untuk mengetahui apakah sebuah penyakit yang diderita seseorang merupakan gejala lupus atau bukan, sebaiknya dilakukan tes Antinuclear Antibody (ANA) dan tes Deoxyribose Nucleic Acid Double-Stranded (DNA DS).

Wallahu a'lam.

Wassalaamu'alaikum wr, wb.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HERBAL STOP ROKOK : STOP ROKOK DENGAN HERBAL